Pada Kamis, 28 Juli 2022, GenBI Komisariat UMS mengadakan acara GenBI Space #2 dengan Tema “Public Speaking: Mengubah Dunia dengan Bicara” yang diisi oleh Kak Budi Harjo sebagai pembicaranya. Acara ini diadakan secara online melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh anggota GenBI Komisariat UMS.

Acara ini bertujuan mengembangkan dan mengasah kemampuan ber-public speaking seluruh anggota GenBI Komisariat UMS sekaligus menjadi forum sharing inspiratif bersama pembicara. Adanya praktik langsung di akhir acara juga menjadi ajang bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan public speaking yang mereka miliki. Acara ini dimulai pukul 08.30-11.00 WIB. Output dari acara ini sendiri diharapkan seluruh anggota GenBI Komisariat UMS bisa memiliki kemampuan berbicara yang baik minimalnya dalam lingkup kecil di sekitarnya. Acara GenBI Space#2 ini dimulai dengan serangkaian pembukaan seperti menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dipandu oleh MC. Kemudian dilanjutkan oleh Moderator yang menjadi narahubung langsung dengan Kak Budi Harjo selaku pembicara. Sebelum masuk dalam sesi materi, terlebih dahulu Moderator membacakan CV dari pembicara. Kemudian langsung disambung dengan materi dari Kak Budi Harjo sendiri.

Materi yang dipaparkan adalah materi yang berkaitan tentang betapa pentingnya memiliki kemampuan public speaking, step by step belajar public speaking, dan kiat-kiat supaya memiliki public speaking yang baik. Semua itu dikemas dengan penyampaian yang ringan, sederhana, dan terasa millennial. Ditambah lagi Kak Budi Harjo yang melakukan variasi bahasa dengan menggabungkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menjadikan sesi sharing materi menjadi jauh lebih menarik. Berangkat dari kesibukan Kak Budi Harjo yang juga aktif membagikan ilmunya di media sosial seperti tiktok dan Instagram, kak Budi Harjo tak hanya menyampaikan terkait materi yang sudah tertulis, tetapi juga berbagai pengalaman yang beliau dapatkan terutama pengalaman yang beliau peroleh karena kemampuan public speaking-nya.

Setelah pemaparan materi berakhir, terdapat sesi praktik dimana beberapa peserta yang terpilih bisa berkolaborasi secara langsung dengan Kak Budi Harjo untuk membacakan narasi singkat yang sudah disiapkan. Tak berhenti sampai di situ saja, tetapi seluruh peserta berdasarkan kelompok yang sudah dibagi oleh panitia, juga menampilkan pidato singkat dengan cara setiap anggota kelompok secara marathon berbicara mengenai tema yang sudah ditentukan. Di antara 6 kelompok yang tampil, kemudian dipilihlah 3 kelompok terbaik berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kak Budi Harjo dibantu oleh panitia yang kemudian mendapatkan reward dari panitia.

 Setelah sesi praktik berakhir, kemudian masuk pada sesi dokumentasi bersama pembicara dan kemudian dilanjutkan pemberian closing statement dari Kak Budi Harjo tentang materi yang sudah disampaikan serta pesan dan kesan khususnya bagi seluruh anggota GenBI Komisariat UMS tentang acara ini. Kegiatan pada hari itu berjalan baik dan lancar dan ditutup dengan penugasan kelompok sebagai output acara dimana diharapkan seluruh anggota GenBI Komisariat UMS bisa semakin berkembang dalam hal meningkatkan kemampuan public speaking-nya.

GenBI Space #2 “Public Speaking: Mengubah Dunia dengan Bicara”

oleh | Nov 2, 2022 | Kegiatan | 0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *