Hi #SobatRupiah

 

“Tidak ada kegembiraan yang jauh lebih besar daripada menyelamatkan satu jiwa”. 

 

Minggu, 20 November 2022, Donor Darah umumnya dilakukan dengan mengunjungi cabang Palang Merah Indonesia (PMI) terdekat, namun kali ini GenBI Solo mengadakan kegiatan GenBI Donor Darah yang biasa kita kenal dengan GenDor di salah satu kegiatan rutin mingguan yang diadakan di setiap kota yaitu pada kegiatan CFD (Car Free Day). GenBI Solo berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia cabang Surakarta mengadakan kegiatan donor darah secara terbuka bagi seluruh masyarakat umum bertempat di SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta. Berlangsungnya kegiatan di daerah sekitar pelaksanaan CFD menjadi salah satu alternatif agar menarik perhatian masyarakat yang tengah berolahraga sekaligus donor darah. 

Kegiatan yang mengusung tema share blood, share life, share smile ini merupakan salah satu kegiatan sosial tahunan yang diadakan oleh Divisi Kesehatan GenBI Solo. Sesuai dengan tema yang diusung, berbagi dengan mendonorkan darah akan membawa kehidupan dan kebahagian bagi kita dan mereka yang membutuhkan. Melihat dari antusiasme pendaftar yang telah dibuka beberapa hari sebelum kegiatan berlangsung melalui link pamflet, GenBI Solo juga mengajak masyarakat yang tengah CFD untuk ikut berpartisipasi sebagai pendonor pada acara ini. Panitia yang berbaur di tengah masyarakat memulai dengan sosialisasi mengenalkan GenBI Solo sebagai komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia. Kemudian menawarkan kepada setiap orang secara langsung dan mengarahkannya pada tempat GenDor berlangsung.

 

Dimulai pada pukul 06.30 – 11.00 WIB, total peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan donor darah berjumlah 33 orang, dengan rincian 19 orang mendaftar pada link pamflet dan 14 orang mendaftar secara langsung. Peserta yang telah mendaftar sesuai dengan ketentuan yang disebutkan pada pamflet, selanjutnya akan melakukan tahap screening untuk cek kesehatan sebelum melakukan transfusi darah agar mengetahui riwayat penyakit yang diderita. Tahap screening ini berguna untuk mengetahui kelayakan darah yang akan didonorkan, serta tahap ini juga dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai tahap cek kesehatan gratis bagi calon pendonor. Setelah dilakukan tahap screening terdapat 28 orang yang lolos dan dapat menjadi pendonor dalam kegiatan GenDor kali ini. 

 

Kebahagian yang dirasakan setelah melakukan donor darah tidak hanya dirasakan oleh pendonor saja, GenBI Solo selaku pelaksana acara juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dengan memberikan souvenir berupa stiker, tumbler, dan beberapa pernak-pernik lainnya sebagai kenang-kenangan karena telah berbagi untuk membantu mereka yang membutuhkan sekaligus mensukseskan acara GenDor. Berlangsungnya kegiatan sosial GenBI Donor Darah ini mendapat respon positif dari masyarakat, harapannya kegiatan ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya.

 

“Tidak harus menjadi dokter untuk menyelamatkan nyawa mereka, cukup menjadi pahlawan dengan berbagi setetes darah akan menyelamatkan kehidupan yang bahkan tidak pernah mereka kira .” -GenBI Donor Darah 2022

Berbagi Kehidupan Dengan Tetesan Darah

oleh | Des 13, 2022 | Kegiatan | 1 Komentar

1 Komentar

  1. Syaiful

    Sangat Manusiawi

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *