Hallo #SobatGenBI!

Gemati 2023 merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2023 dengan mengusung Tema “Education and Culture Euphoria” bersama adik-adik Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilakukan secara offline yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Gonilan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti: Pameran lukisan, Menari bersama, dan Materi dan quiz CBP (Cinta, Bangga, Paham) Rupiah. Kegiatan ini dibuka oleh ketua GenBI Solo yaitu Saudara Ryan Dwi Prayoga dan disambut oleh kepala sekoleh SD Negeri 2 Gonilan yaitu Bapak Yuri Eko Basuki.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini terkait dengan Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah). Tujuan dari materi yang disampaikan oleh adik-adik Sekolah Dasar yaitu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para siswa SD terkait bagaimana kita sepatutnya mengenal uang dan kebanksentralan dengan baik melalui CBP Rupiah (Cinta Bangga Paham Rupiah). Disamping dari kegiatan edukasi, kegiatan GenBI Mengajar Untuk Negeri (Gemati) mengajak siswa SD yang menjadi sasaran untuk lebih dekat dengan budaya Indonesia dengan menari bersama.

Dalam kegiatan Gemati memiliki tiga kegiatan utama yaitu, yang pertama, kegiatan mengajar mengenai materi bank sentral dan cara merawat, serta menjaga uang rupiah. Yang kedua, kuis kebanksetralan antar kelas kelompok bawah (kelas 1, 2, dan 3) sedangkan kelompok atas (kelas 4, 5, dan 6). Yang ketiga, kegiatan GenBI menari bersama civitas sekolah dengan konsep culture  kebudayaan tarian.

Materi CBP Rupiah mengenai Cinta akan rupiah dengan mengenal karakteristik dan desain rupiah sehingga para siswa diharapkan bisa mengenali, merawat dan menjaga dari keaslian uang rupiah. Yang kedua mengenai bangga rupiah dengan memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbol kedaulatan, dan alat pemersatu bangsa. Yang ketiga mengenai paham rupiah untuk memahami peran dari rupiah itu sendiri seperti bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

Setelah materi selesai, selanjutnya diadakan kegiatan menulis harapan bagi siswa SD untuk menuliskan harapan mereka di kertas dan ditempelkan pohon harapan. Sebelum menulis dan ditempel di pohon harapan panitia membagikan sticky note bagi para siswa. Setelah dibagikan para siswa berantusias menulis harapan mereka kedepannya dan ditempel di pohon harapan. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan mmunculkan harapan-harapan dari siswa maupun siswi di SD Negeri 2 Gonilan.

Kemudian, setelah menempelkan harapan di pohon harapan, panitia mengadakan kuis yang akan dijawab oleh siswa siswi dan apabila dalam permainan kuis terdapat siswa yang benar dalam menjawab maka panitia memberikan hadiah.

Kegiatan GenBI Mengajar Untuk Negeri (Gemati) ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan yaitu berupa vandel yang diberikan kepada SD Negeri 2 Gonilan. Penyerahan ini diserahkan oleh ketua wilayah GenBI Solo yaitu Saudara Ryan Dwi Prayoga yang diserahkan kepada kepala sekolah SD Negeri 2 Gonilan yaitu Bapak Yuri Eko Basuki. Dan dilanjutkan memberikan hadiah kepada para pemenang  yaitu pemenang kuis dan menari bersama.

Terimakasih GenBI Solo dari Devisi Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengalaman menariknya.

=========================

#BankIndonesia

#BankIndonesiaSolo

#GenBI

#GenBISolo