GENBI SOLO – Pada tanggal 18 Desember 2021, Divisi Media GenBI Solo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain Grafis, bertempat di Jl. MT Haryono No.15, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 dengan mengusung tema “Let’s Upgrade Your Grapic Design Skill to Improve Your Creativity“.

Kegiatan berlangsung pukul 08.30 WIB – selesai dengan dihadiri oleh peserta perwakilan dari setiap divisi GenBI Solo. Pelatihan desain grafis menghadirkan 2 pemateri yang juga merupakan anggota GenBI Solo yang sudah ahli di bidang desain grafis. Materi pertama yaitu Pengenalan Tools CorelDraw X7 oleh Rofi’ud Muta’al (Pengurus Harian Divisi Media GenBI Solo Komisariat Universitas Slamet Riyadi), sedangkan materi yang kedua yaitu Pelatihan Membuat Desain pada Aplikasi CorelDraw X7 oleh Tegar Pan Dhadha (Pengurus Harian Divisi Kesehatan GenBI Solo tahun 2020).

Materi pertama tentang pengenalan tools CorelDraw X7, pemateri membahas tentang perbedaan Drawing dan Painting, kemudian dilanjutkan materi pengenalan CorelDraw X7 dan bagian-bagian antarmuka CorelDraw seperti Title Bar, Menu Bar, Standard Toolbar, Property Bar, Ruler Bar, Toolbox dan sebagainya. Selanjutnya membahas materi lebih dalam lagi mengenai penggunaan Toolbox dan aplikasi warna dalam CorelDraw X7, yang kemudian dilanjutkan praktik menggambar sederhana menggunakan objek-objek gambar yang ada di fitur CorelDraw. Objek gambar seperti persegi, lingkaran, bintang dan lain-lain. Tidak lupa pemateri juga memberikan cara-cara untuk memanipulasi objek seperti memilih, memindah, memperbesar/memperkecil, memutar dan menghapus objek. Terakhir, pemateri memberikan cara untuk menyimpan dan meng-eksport hasil desain.

Materi kedua yaitu pelatihan membuat desain pada aplikasi CorelDraw X7. Pada sesi ini pemateri mengarahkan para peserta untuk membuat desain menggunakan tools di CorelDraw X7. Sebelum masuk ke praktek pembuatan, pemateri menjelaskan terlebih dahulu tentang desain pamflet sebagai pandangan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat desain. Sebagai awal pemateri menjelaskan dahulu tujuan dari pamflet dan elemen-elemen pamflet yang akan di desain. Kemudian menjelaskan tentang pentingnya memahami langkah-langkah membuat desain pamflet mulai dari target tujuan pamflet, referensi desain, layout, dan eksekusi desain. Pemateri juga memberikan tips-tips mendesain pamflet seperti bagaimana dalam menggunakan foto, pemilihan warna dan font yang cocok, penggunaan bahasa, sampai penerapan jenis file yang akan di export. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan desain. Desain yang dibuat dalam pelatihan yaitu membuat desain twibbon dari awal hingga akhir.

Hasil Desain Twibbon dalam kegiatan Pelaihan Desain Grafis 2021

PELATIHAN DESAIN GRAFIS

oleh | Jan 16, 2022 | Informasi, Kegiatan | 0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *