GENBI SOLO – Sabtu, 10 September 2022 Divisi Media GenBI Solo menyelenggarakan pelatihan Desain grafis dan Webmaster di Gedung Fisip Universitas Slamet Riyadi Solo. Dengan Mengusung tema “Be Creative In The Digital Era”.

Pelatihan ini adalah salah satu program kerja wajib divisi media GenBI Solo. Pelatihan ini, diikuti oleh seluruh anggota divisi media dan juga delegasi dari divisi lain di GenBI Solo. Acara ini diselenggarakan dengan dua sesi dimana sesi satu diisi dengan kegiatan pelatihan desain grafis dan sesi dua diisi dengan pelatihan webmaster. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan anggota media GenBI Solo maupun delegasi setiap divisi GenBI Solo memiliki kemapuan softskill di bidang digital media. Tidak menutup mata, di era digital native ini semua hal selalu berhubungan dengan media digital, mulai dari belajar, berwirausaha, dan lain sebagainya. Oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini, di harapkan akan menciptakan SDM yang minimal memiliki basic skill di bidang desain maupun pengelolaan website.

Dengan di dampingi pengisi acara yang mumpuni di bidangnya seperti Kak Mufta’sl Rofiud sebagai pengisi materi pelatihan desain grafis dengan kemampuan yang mumpuni dalam desain grafis. Serta, pada sesi kedua yang didampingi dengan pengisi materi webmaster yang juga tidak kalah luar biasa yaitu kak Ikhsan Setyawan. Acara ini berjalan dengan lancar, serta mendapat antusias yang luar biasa dari seluruh peserta pelatihan webmaster dan desain grafis hari itu.

Sesi pertama adalah pelatihan desain grafis yang diawali tentang pengenalan tools CorelDraw X7, pemateri membahas tentang perbedaan Drawing dan Painting, kemudian dilanjutkan materi pengenalan CorelDraw X7 dan bagian-bagian antarmuka CorelDraw seperti Title Bar, Menu Bar, Standard Toolbar, Property Bar, Ruler Bar, Toolbox dan sebagainya. Selanjutnya membahas materi lebih dalam lagi mengenai penggunaan Toolbox dan aplikasi warna dalam CorelDraw X7, yang kemudian dilanjutkan praktik menggambar sederhana menggunakan objek-objek gambar yang ada di fitur CorelDraw. Objek gambar seperti persegi, lingkaran, bintang dan lain-lain. Tidak lupa pemateri juga memberikan cara-cara untuk memanipulasi objek seperti memilih, memindah, memperbesar/memperkecil, memutar dan menghapus objek. Terakhir, pemateri memberikan cara untuk menyimpan dan meng-eksport hasil desain. Selanjutnya dilakukan sesi praktik implementasi materi pelatihan dengan peserta membuat pamflet yang bertemakan kebijakan Bank Indonesia, seperti QRIS, CBP, BI Fast dan lainnya.

Sesi yang kedua adalah sesi pelatihan Webmaster yang berupa pengenalan website dengan CMS WordPress dan juga praktik yang dipandu oleh pembicara. Pembahasan materi berupa fitur-fitur website dan juga proses edit dan upload. Dilanjutkan dengan sesi praktik pembuatan konten oleh peserta dengan tema kebijakan Bank Indonesia.

Pelatihan Desain dan Webmaster

oleh | Sep 22, 2022 | Kegiatan | 0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *