Menuju Indonesia Maju dengan bertransaksi menggunakan QR CODE / QRIS yang UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, Langsung).

Menjamurnya berbagai macam penyedia jasa sistem pembayaran memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi nontunai (cashless payment) di mana pun. Penyedia jasa sistem pembayaran yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia contohnya, seperti ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja, yang juga menawarkan diskon dan beragam promo menarik bagi yang melakukan transaksi menggunakannya. Penyedia jasa sistem pembayaran ini umumnya menggunakan QR Code yang bisa dipindai menggunakan aplikasi yang tersambung dengan penyedia jasa tersebut.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau yang dibaca ‘KRIS’ diluncurkan 1 Januari 2020 adalah penyatuan berbagai QR Code dari berbagai penyedia jasa sistem pembayaran yang berstandar internasional EMV Co. diselenggarakan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Dilansir dari laman situs resmi Bank Indonesia, QRIS dapat digunakan di mana saja menggunakan aplikasi pembayaran bank maupun nonbank di merchant yang memiliki QR Code berlogo QRIS.

Ada beberapa kelebihan yang menjadikan QRIS ini primadona-nya sistem pembayaran :

1.  Dapat Digunakan oleh Siapapun

Seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa menggunakan QRIS ini. Jangankan merchant-merchant di mall. Kadang Anda bisa menemukan QRIS di toko kelontong dekat rumah atau malah pedagang bakso yang berkeliling. Hal ini sejalan dengan semangatnya yang universal.

2.  Memudahkan Transaksi

Tidak perlu berpikir mengenai kembalian, uang receh tercecer, uang kurang, atau masalah lain yang kerap melanda Anda ketika menggunakan uang fisik. Anda hanya perlu handphone, aplikasi PJSP seperti OVO, LinkAja, Dana, GoPay dan lainnya untuk melakukan transaksi.

3.   Efisiensi Sistem Pembayaran

Satu QR code untuk semua aplikasi. Cara ini sangat efisien dan uang akan langsung masuk ke rekening dari merchant. Pembayaran Anda juga tidak dapat dimanipulasi dan diakali oleh pihak yang merugikan. Jadi sama-sama menguntungkan untukan untuk penjual sekaligus pembeli.

4.   Transaksi Cepat

Instan adalah kata yang menggambarkan betapa cepat dan lancarnya transaksi dengan QRIS ini. Hanya dalam hitungan detik, transaksi Anda akan berhasil tercatat lalu bisa membawa pulang barang yang dibelanjakan.

Sasaran penggunaan QRIS di Masyarakat

Jadi bagaimana nihh Sobat Rupiah sudah paham kan tentang sistem pembayaran QRIS. Nahh tunggu apalagi langsung beralih aja dan nikmati kemudahannya….