Pada tanggal 22 Oktober 2022 GenBI Solo Divisi Kewirausahaan berkolaborasi dengan Komisariat Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) menyelenggarakan acara Gen-Semar × Gen-Iso Cuan. Acara ini merupakan Seminar Nasional Kewirausahaan Digital Marketing dan Sosialisasi QRIS yang mengusung tema “Branding Tepat, Orderan Meningkat”. Gen-Semar × Gen-Iso Cuan dilaksanakan secara hybrid di auditorium Universitas Slamet Riyadi Surakarta serta via Zoom. Dengan menghadirkan pembicara hebat di bidangnya, yaitu Didik Prasetyanto, SE., M. H. selaku ketua Bidang Koperasi,  UKM & Tenaga Kerja HIPMI Surakarta; Nindy Widianingrum selaku Analis Yunior BI KPw Solo; dan Sigit Novianto selaku Account Leader Coordinator Youtap Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Gen-Semar × Gen-Iso Cuan merupakan seminar nasional dengan 300 peserta seminar yang berasal dari anggota GenBI Solo, masyarakat umum, dan UMKM yang ada di Soloraya. Poin utama dari kegiatan ini merupakan pendampingan pembuatan QRIS pada UMKM melalui aplikasi YouTap. Kegiatan pendampingan pembuatan QRIS dilakukan secara on the spot bagi UMKM yang hadir secara offline saat sesi pemateri ke-3 yaitu Pak Sigit Novianto. Sementara bagi UMKM yang datang secara online, pembuatan QRIS akan di handle oleh Youtap pada saat hari kerja mulai Senin, 24 Oktober 2022. 

Gen-Semar × Gen-Iso Cuan berlangsung dengan meriah dimana kegiatan ini diawali dengan sambutan-sambutan, pemukulan gong, penampilan tari, dan dilanjutkan dengan seminar nasional. Sesi pertama merupakan penyampaian materi digital marketing yang berfokus pada digitalisasi UMKM yang disampaikan oleh Didik Prasetyanto, SE., M. H. selaku ketua Bidang Koperasi,  UKM & Tenaga Kerja HIPMI Surakarta. Sesi kedua merupakan penyampaian materi tentang QRIS oleh pihak regulator yaitu BI yang diwakilkan oleh Analisi Yunior BI KPw Solo Nindy Widianingrum. Sesi terakhir merupakan penyampaian materi pentingnya penggunaan QRIS bagi UMKM dan cara menggunakan QRIS melalui aplikasi Youtap oleh Sigit Novianto. Sesi terakhir tidak hanya berisi tentang penyampaian materi dari pihak YouTap, tetapi sekaligus pendampingan pembuatan QRIS on the spot oleh team Youtap. Dimana UMKM yang berhasil mendaftar secara offline sebesar 15 UMKM sementara 30 UMKM lainnya akan didaftarkan secara online oleh pihak Youtap Indonesia. Selain penyampaian materi dan pendampingan pembuatan QRIS, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh berbagai doorprize menarik dengan berbagai kategori pemenang. Seperti penanya terbaik, pemenang games kahoot, peserta ter-oncam, dan insight terbaik.  

Kegiatan ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap akselerasi Gerakan Non Tunai (GNT) dan mendukung target Bank Indonesia untuk mewujudkan 15 juta pengguna QRIS di tahun 2022. Selain itu harapan kami setelah terselenggaranya acara ini, UMKM mampu meningkatkan branding produk mereka sehingga dapat meningkatkan daya saing yang mereka miliki. Dimana dengan kemampuan branding dan daya saing tinggi diharapkan mampu meningkatkan omzet penjualan UMKM.

Gen-Semar X Gen-Iso Cuan, Kolaborasi Genbi Solo Divisi Kewirausahaan dan Komisariat UNISRI

oleh | Nov 2, 2022 | Kegiatan | 0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *