Day 2 – GenBI, Energi untuk Negeri! layaknya jargon GenBI tersebut, Sabtu, 30 September 2023 GenBI Solo berupaya memberi energi untuk negeri melalui penyuluhan serta pelatihan sebagai rangkaian dari kegiatan Desa Binaan. Berbeda dengan terlaksananya Desa Binaan hari pertama, kali ini Desa Binaan berkolaborasi dengan GenBI Entrepreneurs di hari kedua.

Sebagai kelanjutan dari Desa Binaan di hari pertama, GenBI Solo tak henti dalam mengimplimentasikan tujuan dari GenBI sebagai frontliner, future leader, dan agent of change. Masih dengan Tema Kegiatan Desa Binaan yakni “Harmoni bersama GenBI, Mandiri Ekonomi, dan Tangguh Bencana”, Desa Binaan hari ke dua ini dilaksanakan di tempat yang sama seperti yang telah sebelumnya dilaksanakan di hari pertama yakni Balai Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Selaras dengan tema dan kolaborasi bersama GenBI Entrepreneurs, Desa Binaan hari kedua mengangkat topik yakni Digital Marketing dan Product Developement. Secara singkat digital marketing adalah bentuk kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk secara digital, biasanya melalui media sosial atau internet, berkaitan dengan product developement pula yakni bagaimana produk atau merek mestinya bisa bersaing di dunia serba modern dan digital seperti saat ini, artinya kedua materi ini sangat tepat dipadukan sebagai bentuk pembinaan kepada masyarakat untuk menciptakan ekonomi yang mandiri.

Kegiatan hari ini diawali dengan Pembukaan oleh Master of Ceremony, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Membaca Doa, Penampilan Tarian, serta Sambutan-sambutan. Lalu dilanjut dengan penyampaian materi yang berisi tentang Strategi Digital Marketing” dan “Inovasi Pengembangan Produk: Optimalisasi Keberhasilan Bisnis di Era Digital”Program Kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat ini dimulai pukul 08.00 hingga 11.20 WIB. Dalam penyampaian materi dikegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Ryo Juara selaku Founder Delivi dan Aggregator Ekspedisi yang membahas mengenai pengembagan produk serta digital marketing.

Setelah penyampaian dua materi tersebut, peserta diberi kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab guna eksplorasi keingintahuan dari peserta tentang topik materi yang diangkat. Tak hanya penyampaian materi saja, Desa Binaan hari ke dua ini juga memberikan pelatihan kepada peserta yakni dengan pelatihan digital marketing. Diharapkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teori dari materi yang sebelumnya telah di sampaikan.

Tak berhenti di Pelatihan digital marketing saja, terdapat penyampaian materi terakhir yakni materi tentang QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang dibawakan selama 30 Menit oleh Saudari Claudea Pramesdila Maharani selaku Ketua Komisariat UMS GenBI Solo 2023. Sebagai umpan balik, setelah selesai penyampaian materi terdapat kesempatan kepada Warga Desa Laban yang disini sebagai peserta untuk memberikan pertanyaan terkait hal-hal yang ingin ditanyakan.

Harapannya dengan diadakan Desa Binaan hari kedua berkolaborasi dengan GenBI Entrepreneurs adalah memberikan solusi kepada Warga terkhusus Desa Laban dengan melaksanakan Ekonomi Mandiri yakni dengan digital marketing maupun product developement. Kegiatan Desa Binaan di hari kedua ini berjalan dengan lancar dan sukses dari awal acara sosialiasi hingga usai.

#GenBI

#GenBISolo

#EnergiUntuk Negeri

#HandarbeniRahayuningNegari