Apa Itu QRIS ??

QRIS merupakan singkatan dari Quick Respon Code Indonesian Standar (Dibaca KRIS) yaitu Standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS digunakan untuk melakukan transaksi digital pada setiap E-wallet, sehingga efektif untuk seluruh transaksi pembayaran karena dengan satu QR Code saja dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran digital. Baik melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, mobile banking, ataupun dompet digital.

Bank Indonesia resmi meluncurkan QRIS pada 17 Agustus 2019 yang bertepatan dengan HUT ke–74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, implementasi QRIS secara nasional efektif mulai 1 Januari 2020

APA KARAKTERISTIK QRIS ?

QRIS memiliki karakteristik UNGGUL yang merupakan kepanjangan

UNIVERSAL

QRIS dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code, jadi masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.

GAMPANG

Masyarakat: Mudah, tinggal scan dan klik, bayar.

Merchant: Mudah, tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran QR apapun.

UNTUNG

Pengguna: Dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun untuk membayar.

Merchant: Cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.

LANGSUNG

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pengguna dan merchant langsung mendapat notifikasi transaksi.​​​

BAGAIMANA BERTRANSAKSI DENGAN QRIS?

  1. Pilih aplikasi yang akan digunakan
  2. Scan QR Code
  3. Konfirmasi pembayaran dan Total pembayaran
  4. Masukan PIN

Dijaman sekarang yang serba praktis penggunaan QRIS sangat membantu, karena dengan QRIS bertransaksi lebih cepat, mudah, murah dan pastinya handal. Sehingga masyarakat tidak perlu takut lupa membawa uang, uang hilang, dan apalagi di masa peralihan pandemi seperti ini uang tunai menjadi penyebaran suatu virus. JUST SCAN AND PAY!!

Yuk Bertransaksi dengan QRIS!!!

#AyopakeQRIS

#PakeQRIS

#diSetiapMaknaIndonesia