Dukung Akselerasi Pembayaran Digital Solo Raya, Bank Indonesia Luncurkan S.I.A.P QRIS dan BI-Fast

Bank Indonesia (BI) meluncurkan program S.I.A.P QRIS (Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS) dan BI Fast di Solo Raya dalam rangka mendukung akselerasi pembayaran digital nasional. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Surakarta pada 4 September 2022 tersebut berbarengan dengan pembukaan Festival ADIPATI (Akselerasi DIgitalisasi PembayAran TerkIni). Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Gubernur BI, Ketua KADIN Kota Surakarta, Wali Kota Surakarta, Peritel Solo Raya yang diwakili oleh As-Salam, Laris, Mitra 10, Sami Luwes Group, Candi Elektronik, Asia Baru, dan sejumlah stakholders terkait.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sambutan yang disampaikan mengingatkan mengenai pentingnya mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya dengan konsumsi masyarakat pendapatan menengah ke atas. Salah satu langkah yang dapat diwujudkan adalah dengan menggelar SGS yang diharapkan mampu menembus target transaksi sebesar 1,3 triliun Rupiah. Perry menambahkan, kehadiran QRIS dan BI Fast dapat membantu proses transaksi menjadi lebih cepat sehingga memudahkan UMKM dalam menerima uang untuk perputaran usaha.

S.I.A.P QRIS sendiri merupakan program pencanangan pasar dan pusat perbelanjaan yang sehat, inovatif, dan aman untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Komitmen S.I.A.P QRIS Peritel Solo Raya dalam Festival ADIPATI menjadi upaya kelanjutan digitalisasi ekosistem pembayaran setelah sebelumnya sudah diterapkan dalam program S.I.A.P QRIS pada pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan UMKM di Soloraya.

Dalam kegiatan peresmian S.I.A.P QRIS Peritel Soloraya turut dimeriahkan dengan pelepasan defile Pekan Olahraga dan Seni Bank (Porsebank) Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Soloraya. Defile porseni BMPD kali ini mengangkat tema digitalisasi sistem pembayaran melalui QRIS dan BI-FAST.

S.I.A.P. QRIS Peritel dan Porsebank BMPD Soloraya merupakan satu dari serangkaian kegiatan pre-event menuju SGS 2022 yang akan diselenggarakan pada 25 September hingga 30 Oktober 2022. Melalui dukungan 23 ribu tenant dari berbagai sektor, seperti hotel, pasar tradisional, otomotif, dan lain sebagainya, SGS 2022 ditargetkan mampu mencetak transaksi sebesar 1,3 trilian Rupiah.

Sumber : www.bi.go.id