Cerdas berinvestasi diera milenial

Tips and trick Investasi Saham untuk Pemula/Mahasiswa :

  1. Mulai investasi sedini mungkin, hanya dengan Rp.100.000 kalian sudah bisa mulai investasi
  2. Pelajari beragam jenis aset investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
  3. Tentukan jenis aset investasi
  4. Tentukan jangka waktu dan modal ivestasi awal
  5. Sisihkan dana untuk berinvestasi secara rutin
  6. Selalu update dengan berita investasi dan prospek masa depan.

Untuk Memulai Investasi Saham, Kamu Bisa Mengikuti 3 Tips Ini

1. Belajar

Karena statusmu masih pemula di dunia investasi, maka ada baiknya kamu belajar terlebih dulu mengenai perekonomian dunia, analisis fundamental, dan analisis teknikal.

Analisis teknikal adalah analisa yang didasarkan dari grafik atas pergerakan harga, sementara analisis fundamental lebih mempelajari mengenai situasi ekonomi, sosial, dan politik. Biasanya para trader saham yang menggunakan analisis fundamental banyak membaca berita ekonomi, politik, dan juga social untuk melihat pengaruhnya terhadap permintaan dan penawaran.

2. Lakukan transaksi dalam jangka panjang

Karena belum memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman yang cukup di dunia saham, maka sebaiknya kamu melakukan transaksi saham dalam jangka panjang dan nggak mengambil risiko untuk melakukan transaksi dalam jangka pendek atau trading.
Kenapa? Karena dengan melakukan transaksi jangka panjang, risikonya lebih kecil untuk mengalami kerugian dibanding kamu mengambil risiko besar saat melakukan trading jangka pendek.

3. Beli saham perusahaan besar

Sebagai mahasiswa yang terjun di dunia investasi saham, sebaiknya kamu bermain aman dengan membeli saham perusahaan-perusahaan besar yang memiliki stabilitas tinggi serta konsumen yang banyak di pasar dan memiliki kecenderungan bertumbuh dan defensif dalam jangka panjang.

Perlu kamu ingat, investasi saham adalah sebuah investasi yang fluktuatif, alias nggak pasti karena bergerak naik turun, yang berarti mengharuskan kamu sebagai investor untuk pandai memilih instrumen investasi. Untuk mencapai kesuksesan dalam berinvestasi memang nggak semudah membalikkan telapak tangan.